Ads

Standar Isi (Dokumen Bukti Fisik Akreditasi)

downloadPerangkat.comMasuk ke Topik Utama yang pertama kita kali ini, kita akan merangkum apa ISI dari Pendidikan Dasar dan Menengah yang diajarkan di Indonesia yang terkandung dalam STANDAR ISI.

Standar Isi (Dokumen Bukti Fisik Akreditasi)

Atas dasar amanat UUD RI Tahun 1945 Pasal 31 ayat 3, yang menyatakan Pemerintah harus menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia demi mencerdaskan kehidupan bangsa, maka diterbitkanlah UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dalam upaya mencapai tujuan dari Pendidikan Nasional, maka disusunlah Standar Nasional Pendidikan, salah satunya yang pertama adalah Standar Isi.

Secara umum, Pendidikan di Indonesia menekankan pembentukan manusia Indonesia yang terdepan dalam aspek spiritual, sosial, pengetahuan, serta keterampilannya; yang dalam Peraturan terbaru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 yang sekaligus mencabut Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah kami jabarkan secara sederhana sebagai berikut:


A. Berdasarkan Kompetensi Intinya:

di Pendidikan Dasar Tingkat I-VI (SD/sederajat), Standar Isi kita ingin membentuk manusia Indonesia yang memiliki kemampuan:
  1. Sikap Spiritual, menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Sikap Sosial, menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan negara.
  3. Pengetahuan, memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
  4. Keterampilan, menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dengan menggunakan bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang indah, dalam gerakan yang menunjukkan ciri anak sehat, tindakan yang menunjukkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

di Pendidikan Dasar Tingkat VII-IX (SMP/sederajat), Standar Isi kita ingin membentuk manusia Indonesia yang memiliki kemampuan:
  1. Sikap Spiritual, menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Sikap Sosial, yang akan menunjukkan si anak berperilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak.
  3. Pengetahuan, memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kewarganegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Keterampilan, menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam ranah konkret dan abstrak sesuai yang dipelajari di sekolah maupun sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

di Pendidikan Menengah Tingkat X-XII (SMA/sederajat), Standar Isi kita ingin membentuk manusia Indonesia yang memiliki kemampuan:
  1. Sikap Spiritual, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Sikap Sosial, menghayati dan mengamalkan perilaku santun, disiplin, jujur, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi efektif sesuai dengan perkembangan anak.
  3. Pengetahuan, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban, menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan minat dan bakatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Keterampilan, menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan apa yang telah dipelajari di sekolah, juga mampu menggunakan metode sesuai dengan akidah keilmuan.

di Pendidikan Menengah Tingkat X-XII (SMK/MAK), Standar Isi kita ingin membentuk manusia Indonesia yang memiliki kemampuan:
  1. Sikap Spiritual, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Sikap Sosial, menghayati dan mengamalkan perilaku disiplin, santun, jujur, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Pengetahuan, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan dan peradaban dunia terkait penyebabab fenomena pada bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
  4. Keterampilan, menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Berdasarkan Tingkat Kompetensi dan Ruang Lingkup Materinya, dapat dilihat lebih lengkap dalam Lampiran Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016. Download DISINI.


Dalam PERANGKAT AKREDITASI, STANDAR ISI berisi beberapa butir instrumen yang dokumen buktinya bisa rekan-rekan download di link di bawah:



Password File-File Perangkat Akreditasi ini yaitu: "www.downloadperangkat.com" (tanpa tanda petik).


Demikianlah rangkuman Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia, beserta file bukti instrumen Standar Isi yang dinilai dalam Akreditasi Sekolah.

Semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru semua.
Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada rekan-rekan guru dimanapun berada supaya kita bisa memberikan manfaat bagi sesama demi tercapainya kesetaraan standar dan kualitas pendidikan yang dicita-citakan Negara Republik Indonesia tercinta kita ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Standar Isi (Dokumen Bukti Fisik Akreditasi)"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan atau link download rusak jangan sungkan untuk memberitahu kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

DeskripsiGambar

Iklan Bawah Artikel

DeskripsiGambar