Ads

Tips Menghadapi Akreditasi Sekolah

www.perangkatpembelajaran.id

Bagaimana kabarnya hari ini? Kalau kita kemarin Jantung ini rasanya terus berdegup kencang karena harap-harap cemas menjelang proses visitasi yang sudah dijadwalkan apalagi jika tinggal 1 bulan menuju hari H. Uuuuh..!

Momen 5 tahun sekali ini memang terkadang selalu bikin deg-degan walaupun mungkin bukan yang pertama kalinya (apalagi kalau sekolah yang baru pertama kali akan diakreditasi, dengan target "C" pun masih bikin deg-degan... Jangan sampai sekolah saya TT, jangan sampai sekolah dapat peringkat "Tidak Terakreditasi", nanti sekolah tidak akan mendapat BOS. Waduh.... serem betul memang.... 😅

Resah, cemas, deg-degan, memang hal yang biasa, tapi kalau tidak diatasi, tidak dihadapi dengan baik, justru akan membuat kacau semua persiapan yang sudah dibuat jauh-jauh hari.

Dalam artikel kali ini, kita akan berbagi resep (kayak bikin kue aja 😅), TIPS untuk menghadapi Akreditasi dengan baik, Langsung saja... Ini dia File-File Pelengkap dan Tips untuk menghadapi Akreditasi dengan baik:

PERANGKAT YANG HARUS DISIAPKAN SAAT AKREDITASI:
  1. IPDIP (download disini). Ini adalah dokumen yang paling pertama diminta oleh Assessor.
  2. 8 STANDAR PENDIDIKAN diurutkan per standar (download disini). Tidak harus 1 standar memiliki 1 dokumen,  misalnya di Standar Isi ada mensyaratkan dokumen dari Standar Penilaian, tidak harus kedua tim memiliki dokumen itu, dokumen yg ada di standar lain boleh diambil sebagai bukti di standar lainnya. Jadi tidak perlu terlalu repot banyak mengcopy dokumen... 1 dokumen saja sudah cukup asal jelas dipegang oleh Tim Standar yang mana, sehingga saat ditanyakan di Standar Isi, dokumen ini tinggal ambil saja di tim Standar Penilaian (misalnya file ini dipegang oleh Tim Standar Penilaian).
  3. EDS (Raport Mutu PMP tahun terakhir).
  4. Dokumen Inventaris Sarana & Prasarana.
  5. Hadirnya Kepala Sekolah, komite, dewan guru, serta peserta didik selama visitasi (pembelajaran berjalan seperti biasa).

TIPS:
  1. Proses Visitasi Akreditasi berlangsung 2 hari.
  2. Pastikan semua Guru/ tim Guru yang mendapat bagian tugas berdasarkan 8 Standar Pendidikan yang telah dibagi menguasi standarnya. (Petunjuk Teknisnya bisa didownload disini - BORANG).
  3. Siapkan kondisi yang nyaman untuk assesor, misalnya sambut dengan senyuman. Pastikan seluruh ruangan bersih, rapi, dan ditata sesuai peruntukannya. Selain membuat assesor merasa nyaman, kita sendiri juga menjadi nyaman, tidak terlalu tegang, sehingga dapat fokus dengan apa yang diminta assessor. 
  4. Pastikan tidur yang cukup 1 hari sebelum visitasi, untuk menghindari gagal fokus.
  5. Pastikan semua warga sekolah hadir dan siap untuk menjawab kemungkinan-kemungkinan pertanyaan yang diajukan oleh assessor terkait bidang kerjanya masing-masing (Kepala Sekolah, Guru, Komite, Siswa, OSIS, dan organisasi siswa lainnya).
  6. Pastikan semua Guru Kelas/ Mapel menguasai perangkat pembelajarannya, mulai dari Silabus, Analisis Minggu Efektif, Prota, Prosem, RPP, dan penilaiannya beserta tindak lanjut dari penilaian yang sudah dilakukan (remidial/ pengayaan)
  7. Guru harus siap disupervisi. Dalam proses akreditasi di hari kedua, Assessor akan meminta waktu untuk mensupervisi guru yang mengajar hari itu.
  8. Dokumen arsip penilaian siswa, ambil dari arsip kita, siapkan samplenya saja... tidak perlu semua pekerjaan siswa kita yang simpan. Yang dijadikan arsip misalnya nilai siswa yang tertinggi, terendah, dan yang mendapat nilai rata-rata (masing-masing 1 lembar di 1 penilaian KD tertentu, atau Ulangan/ PAS tertentu).
Demikianlah Artikel kita mengenai File Pelengkap & Tips Menghadapi Akreditasi Sekolah. Semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru dan sekolah yang akan menghadapi Akreditasi Tahun 2019 ini. 

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada rekan-rekan guru dimanapun berada supaya kita bisa memberikan manfaat bagi sesama demi tercapainya kesetaraan standar dan kualitas pendidikan yang dicita-citakan Negara Republik Indonesia tercinta kita ini. 😇

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghadapi Akreditasi Sekolah"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan atau link download rusak jangan sungkan untuk memberitahu kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

DeskripsiGambar

Iklan Bawah Artikel

DeskripsiGambar