Ads

Standar Kompetensi Lulusan (Dokumen Bukti Fisik Akreditasi)

downloadPerangkat.com - Standar Kompetensi Lulusan adalah Kriteria yang menjadi rujukan kemampuan apa saja yang harus sudah dikuasai oleh peserta didik sehingga dapat dikatakan lulus dari proses pendidikan yang telah diikuti di suatu satuan pendidikan, mencakup kriteria sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Standar Kompetensi Lulusan (Dokumen Bukti Fisik Akreditasi)

Standar Kompetensi Lulusan ini digunakan sebagai acuan utama dalam pengembangan 7 Standar Nasional Pendidikan lainnya, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan.

Setiap lulusan satuan pendidikan harus memiliki kompetensi pada 3 dimensi yaitu dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Dalam Dimensi Sikap, Lulusan Satuan Pendidikan haruslah memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME; berkarakter, jujur, dan peduli; bertanggungjawab; pembelajar sejati sepanjang hayat; dan sehat jasmani dan rohaninya.

Dalam Dimensi Pengetahuan, Lulusan Satuan Pendidikan haruslah memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar (SD/ sederajat); tingkat teknis dan spesifik sederhana (SMP/ sederajat); tingkat teknis, spesifik detail, dan kompleks (SMA/ sederajat) berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya; dan humaniora (khusus SMA/ sederajat).

Dalam Dimensi Keterampilan, Lulusan Satuan Pendidikan haruslah memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.

Perbedaan untuk dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan antar jenjang pendidikan di atas adalah dengan memperhatikan perkembangan psikologis anak; lingkup dan kedalaman; kesinambungan; fungsi satuan pendidikan; dan lingkungan.


Lebih lengkap mengenai Standar Kompetensi Lulusan ini dapat rekan-rekan lihat dalam Lampiran Permendikbud No. 20 Tahun 2016 (Download DISINI).


Dalam PERANGKAT AKREDITASI, STANDAR KOMPETENSI LULUSAN berisi beberapa butir instrumen yang dokumen buktinya bisa rekan-rekan download di link di bawah:




Password File-File Perangkat Akreditasi ini yaitu: "www.downloadperangkat.com" (tanpa tanda petik).


Demikianlah ringkasan isi dari Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan di Indonesia, beserta file Bukti Instrumen Standar Kompetensi Lulusan yang dinilai dalam Akreditasi Sekolah.
Kiranya dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru semua. 
Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada rekan-rekan guru dimanapun berada supaya kita bisa memberikan manfaat bagi sesama demi tercapainya kesetaraan standar dan kualitas pendidikan yang dicita-citakan Negara Republik Indonesia tercinta kita ini. 😇

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Standar Kompetensi Lulusan (Dokumen Bukti Fisik Akreditasi)"

  1. tidak bisa di unduh bapak/ibu :'(

    BalasHapus
  2. Standar kelulusan jenjang SMA dan SMP tidak bisa diunduh bapak/ibu :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya ibu... mohon maaf untuk saat ini masih dalam proses... utk yang jenjang SMP dan SMA....

      Hapus
Jika ada pertanyaan atau link download rusak jangan sungkan untuk memberitahu kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

DeskripsiGambar

Iklan Bawah Artikel

DeskripsiGambar